Rabu, 29 Juli 2020

Keuntungan Investasi Syariah yang Jarang Diketahui


Investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial dalam jangka pendek maupun jangka panjang dan dianggap sebagai penghasilan pasif. Bagi umat muslim yang ingin berinvestasi dengan cara halal tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak produk investasi syariah yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Keuntungan Investasi Syariah yang Jarang Diketahui

Keuntungan Investasi Syariah
Investasi syariah merupakan investasi yang menggunakan Al-Quran dan hadist dalam pembuatan aturan dan keputusan sehingga risiko kerugian akan lebih minim dan aman. Investasi syariah juga memiliki beberapa keuntungan yang dapat menjadi pertimbangan dalam berinvestasi yaitu :

1.       Sesuai syariat islam
Keuntungan pertama melakukan investasi syariah yaitu sesuai dengan syariat agama islam. Hal ini karena segala produk syariah sudah mengacu pada hukum agama islam yaitu Al-Quran dan hadist. Jadi dapat diartikan bahwa semua yang dilakukan sudah berdasarkan ketentuan dalam agama islam seperti dikerjakan dengan cara yang halal, memiliki produk yang halal, dan juga digunakan dengan cara yang halal.

2.       Bebas riba
Keuntungan lainnya dalam berinvestasi syariah yang menjadi pertimbangan yaitu bebas riba. Sebagian umat muslim takut berinvestasi dan melakukan hal-hal terkait karena terdapat riba di dalam kegiatan tersebut. Namun bagi umat muslim yang ingin berinvestasi tidak perlu khawatir lagi karena investasi syariah merupakan solusi yang tepat karena bebas riba. Riba sendiri termasuk dosa di dalam agama islam.

3.       Lebih aman
Investasi syariah juga jauh lebih aman dibandingkan investasi biasa karena harus menjauhi gharar atau pemberian informasi yang kurang lengkap. Beberapa perusahaan investasi seringkali melakukan gharar sehingga dapat merugikan calon investor yang masih awam. Investasi syariah juga menghindari maysir yaitu segala transaksi yang akadnya belum jelas dan mengandung unsur taruhan karena akan ada pihak yang dirugikan.

4.       Memiliki aturan perundangan
Semua proses dalam investasi syariah sudah didukung oleh peraturan perundangan yang tercantum dalam UU nomor 21 tahun 2008 mengenai perbankan syariah. Jadi dalam praktiknya, investasi syariah sudah mendapatkan pengawasan secara langsung oleh Dewan Syariah Nasional MUI.

5.       Memiliki manfaat sosial
Investasi syariah juga dapat memberikan manfaat sosial terutama bagi para pengusaha untuk memperluas dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan melakukan investasi syariah juga dapat mengurangi tingkat pengangguran karena bisa mendapatkan keuntungan pasif. Bukan hanya keuntungan saja, anda juga akan mendapatkan pahala dari menjalankan investasi syariah.

Inilah keuntungan dari investasi syariah yang bisa anda dapatkan. Apabila anda membutuhkan investasi syariah sekaligus asuransi, anda bisa mempertimbangkan produk PRULink Syariah Assurance Account (PAA Syariah) dari Prudential. PAA Syariah merupakan produk asuransi jiwa berbasis prinsip syariah yang fleksibel dengan berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan.
Deskripsi : investasi syariah memberikan beberapa keuntungan bagi umat muslim yang ingin berinvestasi secara halal.