Sabtu, 22 Februari 2020

Cara Mudah Mengatur Cicilan Mobil agar tidak Telat Bayar


Mitsubishi merupakan pilihan mobil pribadi yang tepat dengan kualitas yang tak main-main. Di pasaran ada banyak tipe mobil Mitsubishi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda nantinya. Untuk membawa pulang satu buah kendaraan ini, Anda dapat melakukannya dengan membeli melalui skema kredit atau cicilan. Nah, bila Anda menempuh jalan ini, berikut adalah cara mudah untuk mengatur cicilan mobil Mitsubishi agar tidak telat bayar.

Cara Mudah Mengatur Cicilan Mobil agar tidak Telat Bayar

1.      Mengelola Keuangan dengan Benar
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengelola keuangan—pemasukan dan pengeluaran—dengan benar. Artinya, Anda harus bisa mengatur mana pengeluaran yang prioritas, mana kebutuhan yang tidak dapat diganggu-gugat lagi, dan mana yang tidak termasuk keduanya. Dengan melakukan ini, Anda akan tahu ke mana saja uang Anda pergi. Sehingga, di bulan-bulan berikutnya, Anda dapat menghindari kesalahan yang sama dan mengutamakan anggaran pengeluaran sesuai prioritas.

  1. Manfaatkan Cicilan 0%
Tahukah Anda bahwa sekarang banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan cicilan 0%? Yap, cara berikut yang bisa Anda lakukan untuk menghindari telat bayar adalah dengan memanfaatkan kesempatan ini. Siklus ini tentu menguntungkan Anda karena Anda tidak perlu membayar biaya bunga lagi. Namun, perlu diingat bahwa siklus cicilan seperti ini biasanya wajib menggunakan kartu kredit keluaran bank, yang bisa Anda temui ketika hendak mengajukan cicilan mobil di awal, akhir tahun, maupun hari-hari perayaan besar.

  1. Gunakan Pengingat
Anda punya smartphone? Jika ya, tentu jangan menyia-nyiakan salah satu fitur baik yang dimiliki ponsel pintar Anda. Yap, Anda bisa menggunakan fitur pengingat seperti alarm atau calendar untuk membantu Anda mengingat siklus pembayaran cicilan kredit.

  1. Gunakan Debit Otomatis
Fitur autodebit juga bisa menjadi cara untuk membantu Anda untuk menghindari kemungkinan telat bayar. Anda bisa, lho, mengajukan autodebit pada rekening Anda ke bank bersangkutan di tanggal jatuh tempo cicilan. Kalau bisa, malah, Anda memasang tanggal autodebit sebelum jatuh tempo—untuk menghindari biaya tak terduga seperti denda, atau error lainnya.

Nah, itulah dia beberapa cara mudah mengatur cicilan kredit mobil agar tidak telat bayar. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!